Perbedaan Contentwriting Dan Copywriting Yang Jarang Diketahui

perbedaan contentwriting dan copywriting

Pada era digital seperti sekarang ini, profesi contentwriting dan copywriting termasuk dalam jajaran profesi yang marak untuk ditekuni. Sayangnya, masih banyak yang belum paham mengenai perbedaan contentwriting dan copywriting ini. Hal ini pun menyebabkan banyak terjadinya kesalahpahaman.

Copywriting dan contentwriting memang memiiki nama yang hampir serupa. Kendati demikian, tugas antara copywriting dan contentwriting sangatlah berbeda. Mari simak informasi lengkapnya.

Pengertian Copywriting

Copywriting dalam era sekarang, dapat diartikan sebagai seni dalam menulis yang menyebabkan pembaca memberikan sebuah respon. Tulisan inilah yang kemudian dinamakan dengan copy. Tujuan dibuat copy adalah agar audience atau pembaca mulai mengingat, mendaftar, maupun melakukan hal lain sesuai dengan keinginan penulis.

Copywriting umumnya banyak diperlukan oleh pengusaha, marketer, dan blogger yang ingin menggapai target melalui media tulisan. Tulisan dalam copywriting bisa dibedakan menjadi dua, yaitu long copy dan short copy.

Pengertian Contentwriting

Contentwriting secara umum adalah tulisan yang berisikan uraian singkat yang nantinya akan di-posting pada berbagai sosial media. Biasanya bahasa yang digunakan dalam contentwriting ini adalah bahasa yang mudah dipahami dan juga singkat. Tentu saja dengan tetap mengikuti kaidah yang berlaku.

Tujuan menggunakan bahasa yang singkat dan jelas, agar target market atau audience mudah untuk mengerti. Selain itu, diharapkan dengan membaca tulisan yang dibuat, akan membangun sifat kepercayaan dan juga minat dari audience kepada brand.

Perbedaan Contentwriting dan Copywriting

Memang tak jarang banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa contentwriting dan copywriting adalah dua hal yang sama. Kenyataannya, perbedaan contentwriting dan copywriting cukup banyak adanya. Berikut adalah beberapa perbedaannya:

1. Memiliki Tujuan Yang Berbeda

Ternyata, contentwriting dan copywriting memiliki perbedaan dalam tujuan penulisan. Contentwriting bertujuan untuk membuat tulisan yang berkaitan dengan website maupun blog. Tujuan dari contenwriting adalah untuk menaikkan angka pengunjung. Semua itu dilakukan melalui tulisan yang informatif.

Sementara itu, copywriting sangat berkaitan dengan tujuan marketing atau penjualan. Tujuan copywriter adalah menulis dan melakukan ads copy. Segala bentuk tulisan yang disajikan juga bertujuan utnuk mempromosikan suatu produk.

2. Gaya Tulisan yang Berbeda

Dalam contentwriting hal yang penting untuk dilakukan adalah melakukan penelitian atau riset terlebih dahulu. Ini bertujuan dalam proses pengembangan konten yang akan dilakukan. Riset yang dilakukan bisa melalaui wawancara dan juga mencari data. Gaya tulisan yang diguankan dalan contentwriting adalah informatif.

Perbedaannya dengan copywriting adalah gaya penulisan copywriting haruslah persuasif. Gaya penulisan persuasif memang ditujukan untuk mengajak dan merayu para audience dengan permainan kata-kata. Salah satu contoh produk dari copywriting adalah adanya tagline.

3. Pola Kerja yang Berbeda

Pada contentwriting maka pola kerja yang biasanya digunakan adalah pola 5W+1H. Pola tersebut juga biasanya digunakan oleh para jurnalis untuk menulis berita. Contentwriting juga lebih mengarah pada penulisan isu-isu terntetu dan melakukan riset untuk mendalaminya.

Pada copywriting, pola kerja akan berdasarkan pada brand atau client yang berkerjasama. Copywriting umumnya akan menulis mengenai keunggulan dari suatu produk sesuai dengan brief yang diterima. Setelah itulah baru proses pengerjaan tulisan dilakukan.

Keuntungan Melakukan Contentwriting dan Copywriting

Kendati perbedaan contentwriting dan copywriting cukup banyak, namun melakukan kedua pekerjaan tersebut juga bisa menghasilkan sederet keuntungan. Beberapa contohnya adalah menambah wawasan dan juga menjadi lebih kreatif.

Baik contentwriting dan copywriting, keduanya mengajarkan untuk lebih banyak menggali sebuah informasi, dan menghasilkan berbagai tulisan yang kreatif. Tentu saja itu akan berguna di masa yang akan datang. Selain itu, melakukan contentwriting dan copywriting juga bisa mengajarkan hal-hal baru dalam kehidupan.

Demikianlah informasi terkait perbedaan contentwriting dan copywriting beserta keuntungan yang didapatkan jika melakukan keduanya. Semoga informasi di atas berguna bagi yang memiliki hobi menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *