5 Macam Ide Bisnis Untuk Pensiunan

Menjadi seorang pensiunan, tidak harus dihabiskan dengan bersantai-santai saja di rumah. Manfaatkan saja waktu dengan merintis bisnis. Yang perlu diingat, ide bisnis yang akan dibangun sebaiknya yang tidak membutuhkan cukup banyak tenaga. Hal ini karena pensiunan rata-rata memang berasal dari kalangan orang berusia lanjut. Berikut macam-macam ide bisnis untuk pensiunan :

1. Bisnis Sewa Mobil

Saat ini, orang lebih suka menyewa mobil untuk sarana transportasi mereka. Banyak alasannya, karena malas merawat mobil sendiri, lebih praktis, dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok dilakukan oleh pensiunan. Bisnis seperti ini cukup menguntungkan. Apalagi hingga saat ini minat masyarakat menyewa mobil masih cukup tinggi.

Persiapkan saja beberapa unit mobil untuk kegiatan operasional. Kemudian sisa modal bisa dialokasikan untuk biaya perawatan mobil. Selain mudah dijalankan, bisnis sewa mobil tidak akan banyak menguras tenaga.

2. Membuka Konter Pulsa

Sekarang hampir tidak ada yang tidak memegang ponsel atau mengoperasikan internet. Peluang ini bisa dimanfaatkan yaitu dengan menjual pulsa. Sediakan pulsa yang beragam, seperti pulsa regular dan internet. Jika memang belum punya tempat untuk membuka konter, bisa awali saja dengan menjual pulsa elektrik.

Namun jika kebetulan punya rumah di tempat yang strategis, seperti jalan raya coba saja buka konter. Untuk melengkapi barang dagangan konter, jangan hanya jual pulsa saja. Lengkapi juga dengan barang lain. Misalnya aksesoris hp maupun kartu perdana. Jenis bisnis seperti ini sangat cocok untuk pensiunan karena sangat mudah dijalankan.

3. Bisnis Kos-Kosan Dan Sewa Rumah

Punya lahan kosong yang strategis? Bangun saja beberapa kamar untuk dijadikan kos-kosan. Jaman sekarang banyak sekali kalangan yang membutuhkan rumah singgah sebagai tempat tinggal sementara. Misalnya saja mahasiswa yang menempuh pendidikan, atau orang yang bekerja dan kebetulan tempat kerjanya jauh dari rumah.

Jika tidak punya lahan, mungkin punya aset lain misalnya rumah kosong. Daripada tidak terpakai dan rusak tak terawat, sewakan saja rumah tersebut. Orang kadang lebih suka menempati rumah untuk disewa karena lebih luas dibanding kamar kos. Bisnis sewa kos maupun rumah sangat mudah dijalankan apalagi untuk para pensiunan.

4. Membuka Toko Keperluan Sehari-Hari

Kadang pensiunan akan mendapatkan pesangon yang cukup banyak dari perusahaan. Ketimbang dimanfaatkan untuk hal yang tidak berguna, gunakan saja sebagai modal membuka toko kelontong. Tak perlu menyewa tempat yang mahal, memanfaatkan garasi atau teras rumah sudah cukup untuk memulai bisnis ini.

Mulailah dengan menjual barang kebutuhan yang sering dicari masyarakat. Misalnya kebutuhan pokok, sabun, pasta gigi, dan lain-lain. Jika bisnis dirasa mulai menguntungkan, coba perbesar toko dan perbanyak produk dagangan supaya lebih lengkap.

Bisnis seperti ini sangat mudah dijalankan dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Cukup santai dirumah sambil menunggu konsumen yang datang.

5. Menjadi Reseller

Ide bisnis untuk pensiunan yang lain adalah menjadi reseller. Menjadi reseller mungkin sangat cocok bagi pensiunan yang tidak banyak mendapatkan uang pesangon. Hal ini karena bisnis reseller ini tidak perlu banyak membutuhkan modal bahkan nyaris tanpa modal. Paling-paling yang digunakan adalah gadget dan jaringan internet saja.

Dua hal tersebut mungkin semua orang sudah memilikinya rumah. Bisnis seperti ini sangat mudah dilakukan apalagi bagi seorang pensiunan. Cukup tawarkan saja sebuah produk dari supplier dan jual ke orang-orang. Bisnis seperti ini bisa dikerjakan di rumah sembari bersantai dan menikmati masa tua.

Itulah beberapa ide bisnis untuk pensiunan. Menjadi pensiunan tidak menghambat seseorang mendapat penghasilan di luar uang pensiun. Daripada menghabiskan waktu dengan bersantai atau tanpa melakukan apapun yang berguna, coba saja untuk berbisnis. Jika masih bingung ingin membuka bisnis apa, pilih saja 5 referensi di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *