4 Langkah Cara Membuat Resume Baik Dan Benar

Merangkum atau meringkas suatu karangan panjang menjadi suatu tulisan yang mudah dipahami atau yang biasa disebut resume. Ringkasan atau resume pada suatu tulisan hanya mengambil inti pokoknya saja, tanpa terdapat rincian maupun ilustrasi. Resume suatu tulisan akan mudah dibuat jika mengetahui cara membuat resume yang benar. Adanya resume suatu karangan panjang bertujuan memudahkan dalam memahami isinya.

Pengertian Resume

Bagi sebagian orang mungkin tidak familiar dengan kata resume. Resume merupakan rangkuman atau ringkasan yang berisikan inti pokok sebuah karangan panjang yang membuang bagian rincian isi dan ilustrasi-ilustrasi. Ringkasan suatu karangan panjang yang berisikan inti saja merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan informasi agar mudah dalam memahami.

Resume memiliki tujuan mempermudah dalam memahami suatu karangan panjang. Dengan adanya resume dapat membantu memahami sebuah inti tulisan tanpa harus membaca keseluruhan. Dalam membuat suatu resume terdapat aturan di dalamnya.

Langkah-Langkah Membuat Resume

Meringkas suatu resume pada sebuah karangan panjang diperlukan beberapa langkah cara membuat resume. Langkah-langkah tersebut diperlukan untuk menghasilkan resume yang baik dan benar. Jika membuat resume dengan cara yang salah akan berakibat perbedaan isi pokok tulisan. Hal tersebut membuat informasi yang akan disampaikan tidak dapat dicerna dengan baik oleh pembaca.

1. Membaca Naskah Asli

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat resume adalah membaca naskah asli. Membaca naskah asli hingga sampai memahami isi sebuah tulisan yang akan diresume. Berkali-kali dalam membaca keseluruhan isi naskah asli dapat membantu memahami makna naskah asli. Alat peraga juga dapat membantu memahami isi pokok naskah jika terdapat kalimat yang susah dimengerti.

2. Menemukan Gagasan Utama

Langkah selanjutnya cara membuat resume adalah mencari gagasan utama pada isi naskah. Setelah membacanya berulang-ulang inti informasi pada naskah akan didapat. Jika sudah mengetahui maksud di dalam naskah, pasti akan cukup mudah untuk menemukan gagasan utama atau ide pokok.

Gagasan utama pada suatu paragraf biasanya berada pada awal paragraf atau akhir paragraf. Ide pokok berisi kalimat utama yang mewakili isi suatu paragraf yang dijelaskan pada kalimat penjelas. Pada gagasan utama hanya pada satu kalimat utuh.

3. Menulis Resume

Selesai mencari gagasan utama pada naskah, langkah selanjutnya adalah menulis resume. Gagasan utama yang diperoleh sebelumnya dituangkan ke dalam isi resume. Dalam menulis resume pada gagasan utama boleh diubah kata-katanya, selama tidak mengubah makna gagasan utama tersebut. Pada penulisan resume tidak diperbolehkan untuk menambahkan kalimat pendapat sendiri.

Penulisan resume yang baik adalah resume dengan isi naskah yang hanya memuat gagasan utama saja. Gagasan utama yang tertulis pada resume dapat diubah menjadi kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Menulis resume tidak boleh terdapat pemborosan kata.

4. Membaca Ulang Resume

Langkah terakhir dalam cara membuat resume adalah membaca ulang resume yang selesai dibuat. Membaca ulang resume bertujuan untuk mengoreksi adanya kesalahan dalam penulisan. Kesalahan penulisan resume dapat mengubah inti dari suatu naskah. Dengan membaca ulang dapat mengetahui durasi yang diperlukan untuk membaca resume tersebut, apakah terlalu panjang atau tidak.

Resume atau ringkasan suatu naskah panjang untuk membantu pembaca dalam memahami naskah asli tanpa harus membaca naskah asli. Berisikan gagasan utama isi naskah yang dirangkum dengan bahasa mudah dipahami. Suatu resume dikatakan baik dan benar jika mematuhi langkah-langkah cara membuat resume yang benar. Resume dapat dijadikan alternatif jika ingin memahami naskah panjang dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *